Berbagai Macam Panel Listrik

Panel Listrik adalah sebuah perangkat yang berfungsi membagi, menyalurkan dan mendistribusikan tenaga listrik dari sumber/pusat listrik kekonsumen/pemakai.

Berdasarkan jenisnya, panel listrik dapat dibedakan berdasarkan fungsi dan peruntukannya. Berikut ini beberapa macam panel listrik:

A. Motor Control Center (MCC)

Motor Control Center (MCC) adalah panel yang  berfungsi untuk mengontrol motor pada suatu proses industri. Panel ini sering kita jumpai jika Anda sedang melakukan study tour ke pabrik-pabrik. Selain itu panel MCC juga memiliki fungsi untuk mengatur lighting dan feeder. Sistem operasi panel MCC dapat dijalankan secara lokal ataupun menggunakan remote control. Pada umumnya remote control yang digunakan adalah PLC (Programmable logic controller) atau DCS (Distributed control system) yang biasanya diletakkan pada ruangan khusus atau control room dan bisa juga diletakan didalam panel MCC itu sendiri. Kemudian untuk cara operasional lokal, motor akan diaktifkan langsung dari tombol (Push button) yang ada pada panel MCC.

Panel MCC sendiri dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Panel MCC teganggan sedang, mencapai 600 V (Volt)
  • Panel MCC teganggan menengah, mencapai 7,2 KV (Kilo Volt)

B. Plan Management Control Panel (PMCP)

Plan Management Control Panel (PMCP) adalah panel kontrol yang berisi relay-relay yang terhubung dengan PLC. Dari panel ini relay-relay dari PLC akan dihubungkan dengan panel Motor Control Center (MCC).

C. Main Distribution Panel

Main Distibution Panel (MDP) adalah Panel yang berfungsi sebagai penerima daya/power untuk mendistribusikan jaringan listrik.

Main Distribution Panel sendiri dibagi menjadi 2 kelompok:

  • LVMDP ( Low Voltage Main Distribution Panel)
  • MVMDP (Medium Voltage Main Distribution Panel) 

LVMDP adalah pusat pendistribusian power tenaga listrik sebelum di salurkan ke pengguna tenaga listrik. Seperti sebuah gedung perkantoran, hotel, apartement, pabrik. Panel ini biasanya ditempatkan tepat di keluaran sumber atau power tenaga listrik, baik power listrik tersebut berasal dari Trafo PLN ,Generator Set (genset).

MVMDP adalah Panel yang menyalurkan tenaga listrik/tegangan sebesar 20kv (20.000 volt)  dari panel/gardu PLN menuju LVMDP (panel distribusi tegangan rendah)

D. Capacitor Bank

Capacitor Bank adalah kumpulan dari beberapa kapasitor yang biasanya memiliki spesifikasi yang sama dan dihubungkan secara rangkaian seri atau paralel supaya didapatkan suatu nilai kapasitas tertentu. Penggunaan paling banyak kapasitor bank adalah untuk memperbaiki power factor pada arus listrik AC, sedangkan pada arus DC khususnya power supply untuk meningkatkan arus riak catu daya serta meningkatkan jumlah energi yang tersimpan karena fungsi utama kapasitor memang sebagai komponen yang dapat menyimpan arus listrik.


Fungsi Capacitor Bank, untuk memperbaiki Cos Phi (FAKTOR DAYA) bila suatu Jaringan listrik yang mempunyai beban dengan Cos Phi dibawah 0.85. maka Perlu dilakukan perbaikan Cos Phi tersebut. Pemakaian kelebihan KVARh berkaitan dengan baik buruknya nilai cos phi PLN akan membebankan biaya akibat dari kelebihan pemakaian KVARH pada pelanggan, jika rata-rata factor dayanya ( Cos Phi) kurang dari 0.85

Demikianlah penjelasan singkat beberapa macam panel listrik. Semoga Anda mendapatkan tambahan ilmu tentang berbagai macam panel listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *